Menyambut Hari Yang Lebih Baik

Berkat rahmat dan karunia Tuhan YME, pada tanggal 8 Maret 2023, GAHANA NTT mendapat kepercayaan dari Dinas Sosial Provinsi NTT  untuk melatih kelas khusus bagi 50 orang wanita Penerima Manfaat  (PM) pada Seksi Kesejahteraan Sosial Karya Wanita di Naibonat.

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT, Yosef Rasi, S.Sos, M.Si dalam pidato Pembukaan Kegiatan Bimbingan Sosial, Fisik, Mental Dan Pelatihan Keterampilan  Kerja, Tahun Anggaran  2023, mengharapkan agar selama 315 hari berada dalam masa kegiatan ini, para PM selain berkemampuan baik dalam menjahit dan bercocok tanam, juga mampu menjadi polisi bagi diri sendiri serta lebih mampu menjaga harkat dan martabat.  Dr. Yusi selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesejahteraan Sosial Tuna Netra dan Karya Wanita di Kupang, menambahkan bahwa bentuk kepercayaan ini juga bertujuan membina ketahanan fisik dan mental PM yang merupakan  para wanita dengan masalah sosial sehingga saat reunifikasi ke daerah asalnya dapat menjadi agent of change, yang mampu mengkolaborasikan keahlian, keterampilan berwirausaha, dan kemampuan  menjaga diri, harkat dan martabat mereka.

Acara tersebut berlangsung di Aula Panti Kesejahteraan Sosial Karya Wanita di Naibonat, Kabupaten Kupang.

Pada kesempatan yang baik tersebut, Kak Endradi Darmawan selaku ketua GAHANA daerah NTT dengan dibantu oleh asisten pelatih kak Davidzon Puas menyerahkan tanda kepesertaan kepada 50 PM tersebut sebagai tanda telah bergabung dengan keluarga besar GAHANA.

Seringkali ada anggapan bahwa berlatih beladiri bagi wanita dapat melunturkan nilai-nilai kelembutan, kesabaran, ketenangan dan welas asih seorang wanita, namun anggapan tersebut tidaklah benar.

Nilai- nilai kewanitaan justru akan semakin dapat terasah dengan baik dengan mempelajari beladiri sehingga wanita dapat menjaga harkat dan martabatnya di masyarakat secara baik dan benar.

Dengan mempelajari beladiri, diharapkan para wanita mempunyai kepercayaan diri yang baik, penguasan emosi yang baik, tidak mudah menyerah terhadap keadaan yang sulit dihadapi, serta dapat digunakan untuk pertahanan diri dalam menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi.

Keluarga besar GAHANA bersyukur atas kesempatan yang diberikan dalam memberikan pembekalan kepada para PM. Harapan kami, apa yang telah dipelajari dapat terus digunakan dalam menata hari yang lebih baik dan mengamalkan ilmu untuk kebaikan sesama.

Published
Categorized as Berita

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *